Monday, June 11, 2012

Kolaborasi Musisi Lokal dengan Musisi Dunia

Beberapa musisi Indonesia sudah pernah lakukan kolaborasi dengan musisi dunia.

Sedikit yang saya tahu tapi saya coba tampilkan disini yah:

Anggun ft. Julio Iglesias - All of You (Segalanya)
Kolaborasi satu ini pernah terjadi, siapa tak kenal Julio Iglesias? Penyanyi solo tampan asal negeri Matador yang tenar dengan tembang 'Crazy'. Serta Anggun C. Sasmi, diva musik Indonesia. Mereka berduet membawakan lagu 'All of You', di lagu ini Anggun dan Julio lebih banyak menyanyi dalam Bahasa Indonesia selain lirik asli yang berbahasa Inggris.


Sherina ft. Westlife - I Have a Dream
Di masa tenar Westlife awal milenium ketiga, boyband Irlandia itu berkolaborasi dengan penyanyi cilik Indonesia, Sherina. Lagu yang dipakai kolaborasi tentunya bukan lagu-lagu romansa milik Westlife karena Sherina waktu itu masih duduk di sekolah dasar.



Mocca ft. Karolina Komstedt - I Would Never
Grup band Bandung yang acapkali membuat musik berbahasa Inggris dan manggung secara internasional, Mocca, berkesempatan berduet dengan vokalis dari duo asal Swedia, 'Club 8', yang mendunia.

Cokelat ft. Angie Hart - The Hardest Part
Band musik Cokelat pada album mereka Panca Indra (2008) terisikan track kolaborasi mereka dengan vokalis band asal Australia, Frente!, Angie Hart. Dalam lagu ini berisi juga beberapa alunan gamelan menyelingi kencangnya beat lagu.

Rio Febrian ft. Amy Pearson - Ready to Fly
Orang Indonesia tentunya hafal penyanyi solo, Rio Febrian. Penyanyi bersuara emas yang juga suami dari Sabrina Kono ini berkesempatan berduet dengan Amy Pearson dalam single Amy, 'Ready to Fly'.



Glenn Fredly ft. Kenny G - January & Sedih tak Berujung
Vokalis bersuara emas asal Indonesia Timur, Glenn Fredly, berkolaborasi dengan maestro alat musik tiup dunia Kenny G.

Fadly 'Padi' ft. Maher Zain - Insya Allah (Ada Jalan)
Yang satu ini sepertinya menjadi yang paling kekinian dalam kolaborasi musisi Indonesia dengan musisi dunia.

Search saja untuk dapatkan file audionya atau mungkin videonya. Lagu-lagu di atas masuk dalam playlist saya, dan pastinya easy listening. ^_^ Selain musisi di atas, ada juga kolaborasi lain dilakukan musisi negeri ini dengan musisi dunia, di antaranya: Reza Artemevia ft. musisi jepang, Terry ft. Julian Cely - Tentang Kita, Agnes Monica ft. Boyz II Men dalam lagu rohani 'Silent Night' dan juga dengan Keith Martin, bahkan JKT-48 ft. AKB-48 dan mestinya deretan itu ditambah lagi dengan kolaborasi artis negeri sendiri dengan artis luar lainnya yang saya tidak tahu.

No comments:

Post a Comment

komentari dengan santun dan hati