Thursday, February 2, 2012

Tentang Gadis

mengapa?
hari ini Senin pagi, dua hari sebelum Februari
Di sini masih saja terjadi hal-hal serupa bulan-bulan lalu
tahun-tahun lalu

Kangen, aku pada saat dulu
waktu kesana kemari tanpa karet bulat dan minyak itu
kala masih terlalu labil
sering dimarah orangtua
sering marah-marah tempramentil
sering berkumpul teman dekat

pikirkan rancangkan masa depan 4-5 sampai puluhan tahun ke depan
juga tentang satu hal yang jadi kegemaranku sejak dulu
klub bola asal Kota Kembang dan salah satu kota industri Inggris

Tentang wanita yang terpaut 8 bulan dengan ku
lalu muncul lagi seseorang terpaut 14 bulan dengan ku
mereka berdua lebih matang karena umur,

Dulu yang pertama tingginya melebihiku
Mendengar obrolannya dengan teman sebangkunya
saat itu tahun 2001 medio Agustus
dia berumur 12 aku 11
sepenangkapanku belum banyak gadis yang sudah mulai periodenya,
namun dia sudah

Dia ikut ekskul di sekolah,
satu saat setahun kemudian ada teman menjelek-jelekkan ekskulnya
dia tidak melawan, sepengetahuanku

tapi menangis, waktu itu istirahat atau pelajaran dengan guru kosong

gak banyak event yang ter trigger antara kami
satu yang saya ingat waktu dia berjalan lalu
aku seperti halnya anak usia 12, mobilitas tinggi
sampai kaki ku beradu badannya, tangannya
dia mengeluh sakit

lalu satu lagi wanita yang kedua
arah pulang kami sama sebuah kota kecil di arah mata angin Barat
yang gersang tak jauh dengan si gadis pertama
bedanya di sana banyak dokar selain angkutan berat lalu lalang antar kota
sedangkan yang satunya gersang saja dengan jalan sempit berdebu
berlubang hingga becek kalau hujan dan lumpur dan dipenuhi angkot menyebalkan

gadis kedua ini meski arah sama tapi belum pernah bareng angkotnya
seingatku
atau ngobrol lama-lama, obrolan kami seperlunya misalnya tugas kelompok sejarah


tapi karena namanya terpatri dalam-dalam di ingatan saya
tiap temannya memanggil namanya, rasa aneh hinggap di pikiran
terbayang wajah manis dan senyum nya
rambutnya,tidak seperti gadis pertama yang panjang melebihi bahu dan lumayan lurus lebat
gadis ini dikerudung


suatu waktu di medio Maret atau April 2007
ada sebuah acara di sekolah
kami murid seangkatan yang berjumlah sekitar 400 berkumpul di lapang upacara
kami dengarkan ceramah seorang guru
disertai doa dipimpin kepsek
dihadiri banyak guru dan suasana jadi sangat syahdu melankolis

kebersamaan kami segera berakhir
sekolah kami menginginkan kami pergi
masuk univ atau kampus atau bekerja dst

nah saat itu gadis itu seperti temannya bersalaman
saling rangkul
dan saya tidak ingat

yang pasti sebagian cowo cewe ada saling rangkul meski agak rikuh

nah saya yang semoga waktu itu dia masih ingat merangkul nya juga
saat itu teman teman menangis sedih
antara sedih karena ketidak jelasan masa depan atau sedih berpisah dengan kehidupan SMA

yang paling buat saya sedih, saat wali kelasnya
guru Ilmu Hayat, wali kelas Eksak
yang mana oleh kami, anak Sosial sering dianggap arogan dan diskriminatif

yang pernah ada kasus dengan saya setahun sebelumnya di acara ujian semesteran
yang dua tahun sebelumnya masuk kelas saya dan dengan killernya memberi tugas
yang mana tugasnya cukup substansif menurut saya

yang saya kira tidak akan ingat nama saya
ternyata ingat
dan minta maaf pada saya dan mengharapkan saya kesuksesan
saya pun minta maaf pada beliau

kembali mengenai dua teman saya itu
yang manis agamis cantik pintar menarik baik dst

bertahun kemudian, akibat mereka jadi teman saya di facebook
yang pertama karena saya add karena banyak mutual friend setelah saya cari-cari juga

namanya bukan pakai nama asli, tapi panggilan
dia kerja di salah satu perusahaan manufaktur
farmasi seingat saya

memang di kota kami banyak perusahaan seperti itu

tiap dia perbarui statusnya akan otomatis muncul di beranda
dia perbarui statusnya isi hati uneg-uneg nya dalam bahasa Al4y seringkali
liat potret potretnya
tidak jauh dengan rupanya sekian tahun silam

dia sedikit dari teman ku yang pernah ku lihat memaakai baju seragam
merah putih SD hingga SMA

yang kedua, yang beda 14 bulan dengan ku.
Shionya Kelinci sepertinya karena itu tahun nya
hampir 4 bulan umurnya kini lebih 3 windu

kelinci putih seputih kerudungnya, tapi kulitnya agak gelap
saya sampai tahu nama orang tua wanita nya
karena beliau tuliskan surat izin orang tua mengikuti acara Outbond di sekolah
itu awal tahun 2005, dimana kami sama-sama pergi ke gunung naik 3 angkot ungu
dengan bayar ceban di kawasan Bukit Layung dekat Situ Lembang

dia setahuku belum bekerja
dia menuntut ilmu di instansi pendidikan di sebuah kota dekat ibu kota


dari Ms Word saya tahu ini sudah kata yang ke- 716
cukup sekian dari saya yang sangat ingin isi hati dimuat blog sendiri ini
tadi sore saya lihat pengunjung sudah capai 2,330 orang
wow fantastis, walau grafik statistik itu menurun agak dalam

thanks to all visitors, I hope you enjoy what I post
I feel so appreciated with the fixture

No comments:

Post a Comment

komentari dengan santun dan hati